Kamis, 13 Oktober 2016

Lokomotif CC204, Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 dan Sejarah Lokomotif CC204

Lokomotif CC 204 adalah lokomotif diesel elektrik milik PT Kereta Api Indonesia. Lokomotif ini dirakit khusus untuk PT KAI oleh PT Industri Kereta Api (Persero), Madiun dengan lisensi dari General Electric Transportation.

Lokomotif CC204, Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 dan Sejarah Lokomotif CC204
Lokomotif CC204, Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 dan Sejarah Lokomotif CC204

Lokomotif kelas ini terbagi menjadi dua seri, yaitu CC 204 seri pertama yang merupakan model GE C18MMi dengan short hood spartan (seperti CC 201), dan CC 204 seri kedua yang merupakan model GE C20EMP dengan hidung aerodinamis (seperti CC 203).
Lokomotif CC204, Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 dan Sejarah Lokomotif CC204
Lokomotif CC204, Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 dan Sejarah Lokomotif CC204

Kedua seri sama-sama bergandar Co'Co'. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie yang mempunyai tiga poros penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor traksi tersendiri. Lokomotif ini mempunyai komponen komputer BrightStar Sirius™ yang dikembangkan oleh General Electric sehingga lokomotif jenis ini mampu memitigasi kerusakan sekitar 45 menit sebelum kerusakan itu terjadi.


Kini mayoritas lokomotif ini terletak di Depot Lokomotif Kertapati, Palembang. Lokomotif CC 204 08 dan seterusnya dibeli oleh PT Kereta Api Indonesia senilai Rp 20 miliar. Lokomotif ini memiliki daya tarik hingga 12 gerbong kereta penumpang, 35 gerbong datar (GD/PPCW), 40 gerbong batubara ringan (GB/KKBW 30 ton), 20 gerbong Babaranjang (GB/KKBW 50 ton), 25 gerbong ketel minyak (GK/KKW) dan 36 gerbong tertutup (GT/GGW). Kecepatan maksimal lokomotif ini adalah 120 km/jam (tanpa rangkaian), namun diizinkan hingga 90 km/jam (kereta penumpang), dan 50 km/jam (kereta barang).
Logo dan livery

Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 (kini CC 204 08 01) semasa berdinas di Jawa dan menarik kereta api Logawa. Kini menggunakan livery 1995 dan logo baru di kaca samping kabin masinisnya. 


Dahulu, saat lokomotif CC 204 diluncurkan pertama kali dan berkarier di Jawa, CC 204 generasi ke-2 mudah dikenali karena tidak adanya logo Kementerian Perhubungan Indonesia di bagian depannya, karena sebagai penanda bahwa lokomotif CC 204 adalah lok milik PT KAI yang pendanaannya telah lepas dari Kementerian Perhubungan.

Berbeda dengan CC 203, CC 203 menggunakan logo Kemenhub di bagian depannya karena lok tersebut juga dibantu dana pemerintah melalui Kemenhub. Seiring waktu berjalan, sebelum era logo dan striping baru 2011, beberapa lok CC 204 yang sempat menjalani pemeriksaan akhir (PA) atau semi pemeriksaan akhir (SPA) juga sempat diberi logo Kemenhub di bagian depannya.

Namun saat KAI meluncurkan logo baru pada 2011, logo Kemenhub pun satu persatu mulai dihilangkan, dan berbagai jenis corak CC 204 pun bermunculan. Ada striping baru (CC 204 01-13) dan ada pula yang mempergunakan striping lama yang sudah diperkenalkan sejak 1995 tersebut, namun dengan berbagai variasi posisi, bentuk, dan ukuran logo, seperti logo Tomcat, logo upil, ataupun logo yang diletakkan di atas garis.

Akan tetapi, sejak seluruh CC 204 generasi ke-2 dimutasi ke Divre III Sumatera Selatan, satu persatu CC 204 baik itu berlogo Tomcat (logo kecil di bekas logo lama) ataupun striping baru berubah stripingnya.

Lokomotif CC204, Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 dan Sejarah Lokomotif CC204
Lokomotif CC204, Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 dan Sejarah Lokomotif CC204


Jika pada umumnya setiap lokomotif yang menjalani PA atau SPA di Balai Yasa Lahat stripingnya akan berubah menjadi merah-biru ala Perumka, maka CC 204 mempergunakan striping ala 1995 tersebut, dan membuktikan bahwa KAI adalah pemilik yang sah lokomotif tersebut. Namun model stripingnya telah berubah, untuk yang di bodi samping, logo baru tersebut berada di atas garis biru muda-biru tua yang kini telah menutupi tempat adanya logo PT KAI lama.

Lokomotif CC204, Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 dan Sejarah Lokomotif CC204
Lokomotif CC204, Lokomotif CC 204 12 atau CC 204 08 05 dan Sejarah Lokomotif CC204

Sejak Juli 2015, setiap lokomotif CC 204 yang menjalani PA atau SPA di Balai Yasa Lahat stripingnya akan berubah seperti CC 204 12,yakni logo di bawah kaca samping kabin masinis ini ditempatkan seperti lokomotif CC 201 86R (CC 201 89 13) ataupun CC201 dengan moncong (seperti) CC203 lainnya di Divre III, yaitu di atas plat nomornya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar